Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk kerajinan busana dari bahan alami bernilai jual tinggi

Produk kerajinan busana dari bahan alami bernilai jual tinggi

hai sob.. kali ini kita mau bahas kerajinan busana dari bahan alami nih sob..
istilah busana berasal dari bahasa sansekerta yaitu bhusana, populer diindonesia dengan sebutan busana dapat diartikan pakaian.
pengertian busana secara luas segal sesuatu yang dipakai mulai dari kepala sampai ujung kaki yang memberi kenyamanan dan menampilkan keindahan bagi sipemakainya.
busana mutlak adalah busana tergolong pokok seperti:
baju, rok, kebaya, blus, rompi.
milineris ialah perlengkapan busana yang sifatnya melengkapi busana mutlak serta mempunyai nilai guna disamping juga untuk keindahan seperti sepatu, tas, topi, kaus kaki, kacamata, selendang, scraf, shawi, jam tangan.
image by http://assets.kompas.com
aksesoris adalah perlengkapan busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan sipemakai seperti cincin, kalung, liontin dan bross. baju adat tradisional adalah baju adat yang dipakai dan dimiliki oleh berbagai suku diindonesia, ekonomi letak geografis dan mat pencarian masyarakat
daerah tertentu mempengaruhi baju adat daerah itu/tradisionalnya baju adat tradisional tidak hanya mencerminkan budaya tapi juga sejarah awal mula daerah tsb.

Prosedur pembuatan busana rompi dari bahan alami dapat digambarkan seperti ini rompi dari ba
han alami > merancang > bahan pendukung > alat pendukung > keselamatan kerja > proses kerja

penjelasannya gini sob..

Merancang.
istilah merancang sering disebut desain membuat rancangan desain awal dalam membuat sebuah produk sebelum dibuat, pembuatan rompi dari bahan alami dapat menggunakan kertas koran dan alat pensil spidol.

Bahan pendukung.
jenis serat alam yang sering digunakan adalah karung goni, yang sudah siap pakai untuk nyaman dipakai. untuk lapisan dalam dari kain misal kain kantong gandung kancing baju bisa dari batok kelapa. hiasan bisa dari biji2 atau bahan alami lainnya benang gunakan yang kontras dengan warna karung goni misal benang kasur putih.

Alat pendukung produksi busana dari bahan alami.
mistar segitiga, spidol, pensil, jarum dan

gunting.

keselamatan kerja.

merupakan sikap saat kita bekerja berhubungan dengan cara memperlakukan alat dan bahan kerja, serta bagaimana mengatur alat dan benda kerja yang baik dan aman karena berhubungan dengan manusianya.

perlengkapan dan manfaat keselamatan kerja dalam pembuatan rompi ini sbb:
^ sebelum bekerja pastikan dulu ruangan yang bersih supaya nyaman.
^ pakailah pakaian kerja, untuk melindungi dan menghindari kotoran saat kerja.
^ jika sedang bekerja tidak diperkenankan bergurau.
^ jika sudah selesai bekerja bersihkan kotoran dan kembalikan peralatan pada tempatnya.

proses produksi busana dari bahan alami.
sesuai prosedur yang benar sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan dan akan mendapat hasil maksimal.

langkah-langkah pembuatan kerajinan rompi.
^ membuat rancangan/pola gambar buat desain dulu dengan membuat sketsa desain yang paling sederhana dengan mengambil ide dari karyaseni tradisi indonesia.
^ penyiapan bahan. menyiapkan karung goni dan kain lapisan dalam yang ditentukan.

menyiapkan kancing baju, benang dan perhiasan lainnya.

penyiapan alat.

memilih alat yang akan digunakan dan mengondisikan alat dalam keadaan siap pakai.

memotong sesuai pola gambar.
memotong pola gambar diatas karung goni dan kain kantong gandum. caranya: pola yang sudah dibuat letakkan diatas kain kantong gandum dan karung goni, kemudian potong secara bersama-sama.

menjahit.
jahit dengan manual dengan benang dan jarum kasur caranya: menata secara rapi karung goni pada bagian luar, kantong gandum pada bagian dalam dijahit dengan motif tertentu.

memasang kancing baju.
dilalukan secara manual dengan memanfaatkan batok kelapa yang dibentuk seperti kancing baju.

membuat hiasan pada rompi setelah kancing selesai dipasang rapikan benang-benang serabut karung goni, agar tampak rapi dan bersih kemudian tempel hiasan dengan lem pada permukaan rompi tersebut. hiasan dari biji-biji kering dan serabut tumbuh-tumbuhan.

Produk kerajinan busana dari bahan alami bernilai jual tingginah sob kerajinan busana dari bahan tersebut sangat bernilai jual tinggi pasalnya banyak pameran yang mencari produk ini.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

3 komentar untuk "Produk kerajinan busana dari bahan alami bernilai jual tinggi"

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam