Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Soal langsung jawab tentang hindia belanda diindonesia | Pelajaran sejarah indonesia

3 Soal langsung jawab tentang hindia belanda diindonesia
pada kesempatan ini kita akan membahas 3 soal langsung jawab mengenai hindia belanda.
1. dapatkah kamu menjelaskan mengapa pemerintah kolonial belanda menerapkan kebijakan politik etis ditanah jajahan?
adanya poltitik etis membawa pengaruh besar terhadap perubahan arah negri jajahan. pada era itu pula muncul simbol baru yaitu "kemajuan" dunia mulai bergerak dan berbagai kehidupan mulai mengalami perubahan pembangunan infra struktur mulai diperhatikan dengan adanya jalur kereta api jawa-madura dibatavia lambang kemajuan dengan adanya trem listrik yang mulai beroperasi pada awal masa itu. dalam bidang pertanian pemerintah kolonial memberikan perhatiannya pada bidang pemenuhan kebutuhannya pada bidang pangan dengan membangun irigasi. disamping itu pemerintah juga melakukan emigrasi sebagai tenaga kerja murah diperkebunan-perkebunan daerah sumatra.

2. tahukah kamu bagaimana pengaruh pendidikan pada masyarakat hindia belanda? adanya pendidikan barat itu membuka peluang bagi mobilitas sosial masyarakat ditanah hindia/indonesia. pengaruh pendidikan itu juga kemudian memunculkan sekelompok kecil intelektual bumi putra yang memunculkan kesadaran bahwa rakyat bumi putra harus mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain untuk mencapai kemajuan pendidikan itupula menjadi untuk menyalurkan ide-ide dan pemikiran yang ingin membawa kemajuan dan penindasan bangsa dari segala bentuk penindasan dari kolonialisme belanda.

3. buatlah uraian tentang pengaruh pendidikan pada kaum pribumi dihindia belanda.
pendidikan gaya barat. dengan adanya pendidikan gaya barat itu membuka peluang bagi mobilitas sosial masyarakat ditanah hindia/indonesia. adapun pengaruh pendidikan pada kaum pribumi. bahwa rakyat bumi putra muncul kesadaran harus mampu bersaing dengan bangsa lain untuk mencapai kemajuan golongan bumi putra disebut "priyayi baru" pendidikan itu juga sebagai tempat menyalurkan ide-ide dan

pemikiran yang ingin membawa kemajuan dan pembebasan bangsa 

dari penindasan. mereka saling berbagi pengalaman, gagasan, dan asumsi tentang dunia hindia dan zaman mereka.

nah itulah 3 soal langsung jawab pembahasan kita pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua, bagi anda.


Sumber: (dari pembelajaran dan diskusi kelompok PM SMK NEGRI 1 SIJUNJUNG)
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "3 Soal langsung jawab tentang hindia belanda diindonesia | Pelajaran sejarah indonesia"