Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Soal perang melawan keserakahan kongsi dagang langsung jawab

6 Soal perang melawan keserakahan kongsi dagang langsung jawab
Pada kesempatan ini kita akan membahas perang melawan penjajahan kongsi dagang. berikut 8 Soal langsung jawab tentang perang melawan keserakahan kongsi dagang.

1. uraikan perlawanan sultan agung.
sultan agung adalah raja yang paling terkenal dimataram pada masa pemerintahannya mataram mencapai zaman keemasan. cita-cita sultan agung adalag mempersatukan seluruh tanah jawa dan mengusir kekuasaan asing dari bumi nusantara. terkait dengan cita-citanya sultan agung sangat menentang keberadaan voc dipulau jawa. sultan agung merencanakan serangan ke batavia. alasannya: tindakan monopoli yang dilakukan voc, voc sering menghalang-halangi kapal-kapal dagang mataram yang akan berdagang kemalaka, voc menolak mengakui kedaulatan mataram, keberadaan voc dibatavia telah memberikan ancaman serius bagi masa depan pulau jawa. tahun 1628 telah dipersiapkan pasukan dengan segenap persenjataan dan perbekalan pada waktu itu yang menjadi gubernur jendral voc adalah

jp. coen sebagai pimpinan pasukan mataram atau tumenggung baureksa. pasukan mataram berusaha membangun pos pertahanan tetapi kompeni voc berusaha juga menghalangi sehingga pertempuran antara kedua pihak tidak dapat dihindari.

2. uraikan perlawanan sul
tan ageng tirtayasa!
pada masa pemerintagan sultan ageng ini memang banyak dibangun saluran air atau irigasi oleh karena jasa-jasanya ini maka sultan diserari sultan ageng tirtayasa (tirta artinya air). serangan terhadap voc terus dilakukan ditengah-tengah mengobarkan semangat anti voc itu. pada tahun 1671 sultan ageng tirtayasa menyangkut putra mahkota abdullah nasar, abdul kahar sebagai raja pembantu yang lebih dikenal dengan nama sultan haji.

3. jelaskan mengenai perang goa!
raja goa sultan hasanudin ingin menghentikan tindakan voc yang anarkis dan propokatif itu. ia menentang ambisi voc yang memaksi monopoli digoa beberapa serangan voc berasil ditolak oleh pasukan goa di berbagai penjuru.

4. jelaskan perlawanan riau!
perlawanan yang diluncurkan oleh

kerajaan siala sri indra pura raja sila sultan jalih rahmat sya 1723-1744 memimpin rakyat untuk melawan voc.

5. uraikan pemberontakan orang china!

tahun 1740 terjadi kebakaran batavia voc menafsirkan ini sebagai gerakan-gerakan orang-orang cina yang akan melakukan pemberontakan perlawanan dan kekacauan yang dilakukan orang-orang china itu kemudian meluas diberbagai tempat terutama didaerah pesisir jawa.

6. perlawan pangeran mangku bumi dan RN. said.
pangeran mangkubumi dan pengikutnya pertama kali pergi kesukowati untuk menemui mas said kedua pihak bersepakat untuk bersatu melawan voc untuk memperkokoh persekutuan ini raden mas said dijadikan menantu oleh pangeran mungku bumi dan mas said sepakat untuk membagi wilayah perjuangan. raden mas said bergerak dibagian timur daerah surakarta keselatan terus kemadiun ponorogo dengan pusatnya suku wati sedangkan mungku bumi konsentrasi dibagian barat surakarta terus kebarat dengan pusat dihutan beringin dan desa pacetokan. setelah tercapai perjanjian giyati tanggal

13 feb 1755 isi pokok perjanjian itu adalah bahwa mataram dibagi 2. perlawanan mas said berakhir setelah tercapai perjanjian salatiga tgl 17 maret 1757 isinya mas said diangkat sebagai penguasa disebagian wilayah surakarta dengan gelar pangeran adipati arya manguku negara.

nah itulah 6 soal sejarah indonesia kelas 11 yang dapat kita bahas pada kesempatan ini. semoga soal-soal yang kami bagikan bermanfaat untuk anda.

sumber: (Dari diskusi kelompok belajar XI PM 1 tahun 2014 SMK NEGRI 1 SIJUNJUNG) . Semoga bermanfaat..

Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "6 Soal perang melawan keserakahan kongsi dagang langsung jawab"