Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Soal sejarah indonesia kelas 12 langsung jawab

11 Soal sejarah indonesia kelas 12 langsung jawab

1. apa saja bentuk pergolakan atau konflik yang pernah terjadi di indonesia amtara tahun 1948-1965?
-peristiwa konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi
-berkaitan dengan kepentingan
-berkaitan dengan sistem pemerintahan

2. antara tahun 1948-1965 pembenrontakan apa saja yng berkaitan dengan kepentingan?
yaitu pembermtakan apra, rms dan andi aziz

3. tuliskan peristiwa konflik yang terjadi pada masa kini dan jelaskan persamaan antara konflik tersebut dengan beberapa konflik yang pernah terjadi antara tahun 1948-1965!
-demo buruh, korupsi , kericuhan, narkoba, penjualan wanita, kenaikan bbm
-berkaitan fngan ideologi persamaan masa dulu seperti pemberontakan di/tii dan peristiwa 630s/pki dengan masa kini adalah kericuhan demo buruh
-berkaitan dengan kepentingan masa dulu apra, rms, dan andi aziz kini korupsi dan narkoba
-berkaitan dengan pemerintahan masa dulu persoalan negara federal dan bfo, pemberontakan prri dan pemesta persamaan masa kini korupsi.

4. jelaskan mengapa angkatan darat khawatir atas usulan pki agar petani dan buruh dipersenjatai!
tentara telah membayangkan bagaimana 21 petani dan buruh bersenjata, bebas dari pengawasan mereka, bagi para petinggi militer gagasan ini bisa berarti pengukuhan aksi politik yang matang, bermuara pada dominasi pki xang hendak mendirikan pemerintahan k6unis yang pro rrc yang komunis diindonesia.

5. jelaskan apa persamaan latar belakang terjadinya pemberontakan apra dan andi aziz.
seperti halnya pembermtakan apra dibanding peristiwa andi aziz berawal dari tuntutan kapten andi aziz dan pasukannya yang berasal dari knil (pasukan belanda diindonesia) terhadap pemerintah indonesia agar hanya mereka yang dijadikan pasukan apris di negara indonesia timur nit

6. jelaskan apa perbedaan penyebab terjadi peristiwa andi aziz dengan rms!
andi aziz: ada kekhawatiran dari kalangan tentara knil bahwa mereka akan diperlakukan secara diskriminatif oleh pimpinan apris/tni
rms: dilakukan dengan tujuan memisahkan diri dari republik indonesia dan menggantinya dengan negara 
sendiri.

7. jelaskan tentang fwan-dewan militer yang memberontak terhadap pemerintah pusat dalam pemberontakan prri dan permesta, jelaskan pula alasan mereka berontak!

-dewan banteng disumbar yang dipimpin oleh letkol ahmad husein
-dewan gagah disumatera utara yang dipimpin oleh klmel maludin simbolan
- dewan garuda disumatera selatan yang dipimpin oleh letkol barlian
- dewan manguni disulawesi utara yang dipimpin oleh klmel venjesumual

8. jelaskan pesamaan antara
konflik yg terjadi tahun 1948-1965!
1. konflik ideologi
- pembermtakan pki madiun, puncaknya ketika muso tewas tertembak amir sariffudin juga tertangkap.
- pemberontakan di/tii meluas dibeberapa wilayah indmesia bermula dari sebuah pergerakan dijawabarat oleh karto suwiryo dan aceh dipimpin daud breueh
- gerakan 630s/pki

9. konflik kepentingan
-pemberontakan apra
- rms
- andi aziz


10. jelaskan hikmah yang bisa diambil dari adanya pemberontakan 630s/pki bagi kehidupan beragama bangsa indonesia.

bangsa indonesia harus lebih menghargai perbedaan agama/keper2yaan yang ada di indonesia dan tidak melecehkan kepercayaan yang diyakini oleh setiap orang yang ada diwilayah nkri dan meningkatkan rasa persavan dan kesatuan bangsa, dan menjunjung tinggi pancasila agar tidak terjadi lagi pemberontakan seperti 630s/pki yang mengakibatkan korban jiwa yang makin hari makin bertambah.

11. jelaskan bentuk perpecahan antara golmgan federalis yang ingin bentuk negara federal dipertahankan unitaris yang ingin indonesia menjadi negara kesatuan jelaskan pula apa akibat perpecahan tersebut bagi keberadaan pasukan knil dibeberapa negara bagian.?
perbedaan keinginan agar bendera indmesia dan lagu indonesia raya digunakan atau tidak oleh negara indonesia timur nit. juga menjadi persoalan yang tidak bisa diputuskan dalam konfensi. kabinet nit juga secara tidak 
langsung ada yang jatuh karena persoalan negara federal ini 1947. sejak pembentukannya dicnding pada bulan juli 1948 bfo telah terpecah kedalam dua kubu. kelompok pertama menolak kerjasama dg belanda dan memilg ri kubu kedua memilih belanda
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

3 komentar untuk "11 Soal sejarah indonesia kelas 12 langsung jawab "

  1. Sangat membantu,terimakasih

    BalasHapus
  2. Sudah bagus akan isi bloggnya. Saran saya sih, coba diperhatikan lagi kerapihan dalam pengetikannya dan juga penggunaan huruf kapital serta penempatan tanda baca biar isi tulisan terlihat menarik dan indah dibaca.
    Terima kasih.

    BalasHapus

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam