Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis format SOP (standar operating procedure) yang perlu anda ketahui!

4 Jenis format SOP (standar operating procedure) yang perlu anda ketahui!

hai.. selamat pagi,siang,sore,malam . pada kesempatan ini kita akan mengulas SOP atau standar operasi prosedur. prosedur kerja
SOP mempunyai 4 jenis format ternyata.. mari kita ulas.
1. langkah sederhana (simple step) simple step dapat digunakan jika proseddur yg akan disusun hanya memuat sfiki saja kegiatan dan memerlukan hanya sedikit kepuvsan yang sefrhana. format ini dapat digunakan jika hanya ada beberapa orang yang akan melaksanakan prosedur SOP dan biasanya merupakan prosedur ruting.
dalam langkah sederhana ini kegiatan yang akan dilaksanakan cendrung sefrhana dengan proses yang kurang dari 10 langkah.
sekarang anda paham untuk format yang pertama?
2. tahapan berurutan (hierarcichal steps) dapat digunakan jika prosedur yang disusun panjang dari 10 langkah dan membutuhkan informasi yang lebih rinci. namun tetap membutuhkan sedikit pengambilan kepuvsan. dalam langkah ini langkah yang telah diidentifikasi dijacrkan kedalam sub langkah lebih rinci lagi.

udah tahukan langkah 1 dan 2?


3. grafik (graphic) dapat digunakan jika prosedur yang disusun menghendaki kegiatan yang panjang dan spesifik. dalam format ini proses yang panjang dijabarkan dalam sub proses yang lebih penfk yang hanya berisi beberapa langkah. juga bisa untuk menggamcrkan prosedur suatu foto atau diagram. format ini tujuannya agar memudahkan dalam memahami prosedur yang ada dan biasanya ditunjukan untuk pelaksanaan eksternal.

4. diagram alir (flowcharts) merupakan format yang biasa digunakan jika dalam sop diperlukan pengemclian kepuvsan yang banyak dan membutuhkan jawaban seperti yah/tidak benar/salah dst. yang akan mempengaruhi sub langkah berikutnya.. format ini juga menyediakan mekanisme yang mudah diikuti oleh para pegawai.

penggunaan format ini melibatkan beberapa simbol.
simbolnya memiliki fungsi yang khas berbeda dari yang lainnya. pada dasarnya simbol flowcats ada 30 namun yang dikembangkan menjadi 30 adalah simbol yang 4 dibawah ini.

1. simbol lapsul/terminator 
digunakan untuk mendiskripsikan mulai dan berakhir.
2. simbol kotak/process untuk mendeskripsikan proses atau kegiatan eksekusi.
3. simbol belah ketupat/decision untuk mendeskripsikan ke4atan pengambilan keputusan.

4. simbol arah panah/arrow untuk mendeskripsikan alur proses kegiatan..

itulah 4 langkah yang dikembangkan menjadi 30. sedangkan ada juga pendapat lain yang menyatakan ada 5 langkah yang dikembangkan menjadi 30 yaitu:
5. simbol segi lima/off page connector unvk mendeskripsikan hubungan antar simbol yang berbeda halaman..

anda paham??

Baca juga: simbol prosedur kerja yang benar
itulah 4 jenis format umum SOP yang perlu diketahui... semoga bermanfaat buat anda yah.. salam
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "4 Jenis format SOP (standar operating procedure) yang perlu anda ketahui!"