Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan sumber keuangan negara beserta contohnya | Tugas PKN kelas XII

Jelaskan sumber keuangan negara beserta contohnya | Tugas PKN kelas XII
Tugas 2.1
bacalah sumber belajar lain yang berasal dari media cetak maupun online.
soal no 3 halaman 42 PKN kelas XII.
jelaskanlah sumber-sumber keuangan negara seperti yang telah disebutkan pada uraian materi sebelumnya. tulislah pada tabel dibawah ini.
hai sob.. kembali lagi kita ubdate mengenai contoh soal dan pelajaran SLTA pada kesempatan ini kita akan membahas tugas PKN seperti yang telah tertera diatas. akan kita jawab sesuai permintaan yaitu dalam tabel. sumber dari media lain seperti wikipedia dan brainly serta media lainnya. berikut ini.

No Sumber keuangan negara Pengertian/deskripsi Contoh
1. pajak iuran wajib yang dibayarkan oleh wajib pajak berdasarkan norma hukum tanpa mendapat balasan jasa secara langsung PPN, PPH, PBB, Bea materai dll.
2. Retribusi pembayaran yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan fasilitas tertentu. retribusi parkir, galian pasir dll.
3. keuntungan BUMN/BUMD Salah satu bentuk intervensi pemerintah untuk menyfiakan produk atau jasa yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak biasanya dapat mengontrol harga, agar tidak dikendalikan oleh pasar atau pemilik modal membantu pemasukan negara. bulog, telkom, perusahaan-perusahaan air daerah

4. denda dan sita pemerintah berhak memungut denda atau menyita aset milik masyarakat apabila masyarakat (individu,organisasi,pemerintah) diketahui telah melanggar peraturan pemerintah. penyitaan barang ilegal, pelanggaran lalu lintas.

5. pencetakan uang bentuk usaha pemerintah untuk memudahkan transaksi dikalangan masyarakat disamping itu jumlah uang beredar juga bisa mengendalikan inflasi. Bank BI, the fed amrik mengeluarkan kebijakan moneter dengan mencetak lebih banyak dolar.

6. pinjaman, bentuk kegiatan sebuah institusi keuang dalam mendapatkan keuntungan melalui pemberian pinjaman uang kepada anggota/nasabahnya yang akan dikembalikan beserta bunganya. pinjaman bank, koperasi dll.

7. sumbangan hadiah dan hibah. bentuk pemberian yang tidak mengharuskan

penerima untuk mengembalikannya. sumbangan kecelakaan pesawat, gaza, sumbangan tsunami , banjir.

8. penyelenggaraan undian berhadiah. bentuk kompetisi kontes yang berhadiah, berusaha menarik atensi dan perhatian dari pesertanya biasanya makin besar ha
diah makin banyak peserta mendaftar. undian simpeds (mobil) undian mandiri (motor supra x) dll.

nah sudah siap tugasnya.. hehe semoga artikel saya kali ini bermanfaat buat anda dan jangan lupa kembali kesini lagi lain kali yah imuelputra.blogspot.com menyajikan artikel pendidikan terubdate dan materinya sesuai dengan pembelajaran formal.. thanks
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

3 komentar untuk "Jelaskan sumber keuangan negara beserta contohnya | Tugas PKN kelas XII"

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam