Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membandingkan anak: jangan pernah anda lakukan jika tidak ingin dibenci dia!


Membandingkan anak: jangan pernah anda lakukan jika tidak ingin dibenci dia!

Marah dan membanding-bandingkan adalah emosi yang mencuat dari seseorang kepada orang lain, entah karena orang lain itu nakal, memalukan, iseng dll. sehingga mengusik ketenangan seseorang yang membuat dia marah.
biasanya terjadi pada anak-anak, sebagaimana yang kita ketahui bersama anak-anak usia 1-10 tahun itu sangat nakal sekali.
seringkali orang tua membentak dan memarahi anaknya itu. saat itu terkadang orang tua suka membandingkan anaknya dengan orang lain dan tentu sang anak tidak menyukai perbandingan ini.
seringkali kita temui dikehidupan nyata para orang tua senang sekali membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain yang lebih baik.

akibatnya sang anak tidak menjadi lebih baik malah semakin buruk dan membenci anda para orang tua.

saat anda membanding-bandingkan si anak dengan anak orang lain perasaannya akan tertekan dan akan down, sangat sedih sekali, dan ini adalah keadaan paling buruk yang anda sebabkan. saya sendiri sering kali dibanding-bandingkan dan itu rasanya sakit sekali! dan saya membenci orang-orang yang begitu, saya juga membenci orang yang dibandingkan dengan saya.

sekarang coba anda pikirkan, saat anda kecil dulu apakah anda pernah dibandi
ng-bandingkan?
jika tidak pernah apa rasanya jika pasangan anda membandingkan anda dengan pasangan orang lain?
misalnya: anda adalah seorang wanita dan istri, pada suatu ketika suami anda kesal dengan kelakuan anda dan dia membandingkan dengan istri orang lain yang lebih baik dari anda" sangat sakit bukan?? mungkin anda belum merasakannya tapi suatu saat pasti merasakannya. suasana hati akan down dan tidak semangat.

begitu juga halnya anak, jika anda membandingkan dia dengan anak orang lain sama saja anda mengatakan "saya tidak menginginkan kau sebagai anak" yah secara tidak langsung itu bisa menjadi pengertian yang langsung terbesit diotak sang anak, memarahi dan membanding-bandingkan anak adalah hal yang salah dalam cara mendidik anak.

tidak membanding-bandingkan anak dengan anak orang lain adalah didikan orang tua cerdas!

cara mendidik anak dengan benar adalah mendukung hobynya den mengarahkan kepada manfaat, memberi dia fasilitas atau sarana tentang hobinya, memberikan perhatian k
epadanya dan tidak pernah membandingkannya.

saat ini 70% orang tua indonesia suka membanding-bandingkan anaknya dengan anak orang lain.
dikarenakan sang anak nakal dan tidak sesuai dengan harapan anda.

sebagai orang tua tugas anda bukanlah memaksa anak untuk tetap menuruti keinginan anda dan sesuai harapan anda karena mungkin dia tidak menyukai itu. misalnya anda adalah seorang dokter yang disegani orang-orang anda mendidik anak anda untuk menjadi dokter padahal keinginan dia adalah menjadi pebisnis, anda ingin memasukan dia ke sma sedangkan dia ingin ke smk.

jika tetap anda lakukan demikian sama saja anda melakukan pelanggaran undang-undang perlindungan anak. dan kenyataan tidak akan sesuai harapan anda. dia malah tidak akan suka belajar

dan masa depannya akan hancur karena ulah anda sendiri.

sebagai orang tua anda harus mendukung bakat dan minat anak anda, bebaskan mereka menurut apa yang mereka inginkan, tugas anda hanya mengontrol dan mengendalikan serta mengarahkan kepada manfaat.
itu saja!

dengan demikian anak akan menjadi berprestasi dibidangnya dan membanggakan. dan dia akan unik tampil beda dengan orang lain, tak mungkinkan semua orang mencapai hasil yang sama dalam kehidupan ini?

itu yang harus anda fikirkan! jangan bandingkan! jangan! jangan! karena sangat salah cara mendidik seperti itu.

jangan membuat dia membenci anda, kendalikan emosi anda saat anda mulai marah, hindari membandingkan dia..

jika anda bisa anda adalah orang tua hebat yang pasti anak anda sangat menyayangi anda. intinya jangan pernah bandingkan.

saya rasa anda sudah paham sekarang dari ulasan diatas, semoga saja bermanfaat .. ingat yah jangan pernah bandingkan.. salam
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Membandingkan anak: jangan pernah anda lakukan jika tidak ingin dibenci dia!"