Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UN/Ujian nasional sudah dekat apa yang harus kita persiapkan dan lakukan?

UN/Ujian nasional sudah dekat apa yang harus kita persiapkan dan lakukan?

UN atau ujian nasional akan segera datang rasanya baru kemaren naik kelas 3. sungguh cepat rasa hari berlalu, rasa bulan berlalu seperti hari saja, setahun rasa sebulan.
Un akan tiba. bagi kita yang akan melaksanakan UN pasti kita merasa kenapa sih rasanya cepat banget ?
Mau tidak mau, suka tidak suka UN akan tetap datang dan kita harus siap, harus siap!
Ujian nasional tahun ini cukup membingungkan karena tahun ini adalah UN pertama untuk siswa dikurikulum 2013 sekarang yang pertama setelah diluncurkan 3 tahun lalu.
sempat tersiar kabar bahwa un tahun ini akan dilaksanakan secara online oleh pemerintah. bagi saya itu sebuah yang menakjubkan dan sangat hebat jika indonesia Ujian nasionalnya melalui online tentunya dengan perangkat dan fitur website super canggih.
namun apakah semua orang menyambut ujian nasional seperti argumen saya diatas?
TIDAK.. banyak para siswa yang tidak begitu familiar dengan perangkat online dalam hal ujian mereka cendrung panik dan cendrung ceroboh, saya kira ini adalah nekat jika tetap dilaksanakan.

para siswa sekarang memang canggih beberapa gadget dalam genggaman dan mampu dikuasai. tapi beda halnya dengan itu bagi kami dan para siswa yang setiap har
i menulis dibuku, dipapan tulis dan sangat jarang memegang komputer, terkadang menghidupkan komputer saja suka bingung. jika tetap harus dilaksanakan ujian nasional secara online maka siswa harus diberi soal latihan menggunakan media online. tapi saya rasa semua sekolah dikurikulum 2013 ini tidak mampu mengikuti UN online karena perangkat komputer yang mereka miliki tidak mencukupi, mungkin hanya seper 8 dari jumlah siswanya.

dalam kabar lain juga tersirat bahwa ujian nasional tidak lagi menentukan kelulusan akan tetapi sekolahlah yang menentukan kelulusan.

Sekolah yang menentukan kelulusan. "sekarang UN tidak lagi menentukan kelulusan, tapi sekolahlah yang menentukan kelulusan, namun begitu kita tidak boleh menganggap remeh karna UN tetap dimasukan kenilai 
akhir, jika Ketika UN yang menentukan kami bangga meluluskan 100%, tapi jika sekolah yang meluluskan malu rasanya kami meluluskan 100%" ujar kepalah sekolah saya.

Jika un dilakukan secara online, jika un tidak lagi menentukan kelulusan apa hal yang ha
rus kita lakukan menyikapi uraian diatas?

Sebagai siswa yang akan mengikuti ujian nasional ditahun ini atau tahun besok tentu kita harus mempersiapkan diri dan terus memandang UN UJIAN NASIONAL sangatlah penting. dengan menganggap un itu penting kita akan semangat belajar dan rajin belajar sehingga nilai kita nantinya tinggi dan tercapai hal itu.

Berikut saya kasih tips supaya UN nanti dapat kita lakukan dengan mudah:

1. Rajin belajar dan tingkatkan frekuensinya. sebagai siswa yang akan mengikuti ujian nasional UN kita harus semakin rajin belajar. belajar.. belajar dan belajar.. beberapa bulan sebelum ujian UN ini kita harus mempersiapkan diri kita dengan belajar-belajar dan belajar. mungkin kita tidak pernah belajar ulang dirumah maka sekarang mulailah 
belajar. tiada hari tanpa belajar, jika kita selalu belajar ulang maka tingkatkan frekuensinya mungkin dengan belajar siap subuh dan rutin sampai un tiba. semua pelajaran dibahas kembali dan pahami lagi, dengan belajar pagi ini otak kita akan lebih mudah menerimanya karena saat pagi apalagi subuh ini otak kita dalam keadaan fresh dan sangat cocok sekali waktu untuk belajar, sebodoh apapun kita jika kita rajin belajar sekarang dari beberapa bulan sebelum UN datang maka nilai yang tinggi dan memuaskan akan anda dapatkan.

2. Jangan pakai sistem kebut semalam sangat bahaya! .. sistem belajar kebut semalam adalah belajar disaat akan ujian saja misalnya sekarang hari sabtu, kita mulai ujian hari senen. minggu malamnya kita belajar dan sangat belajar mungkin dari pagi sampai siang atau sampai malam inilah sistem kebut semalam. sistem belajar ini harus anda hindari karena dengan belajar seperti ini otak akan kesulitan menerima dan malah menolaknya dan hal ini tentu tidak baik. maka sistem kebut semalam ini tidak cocok diterapkan untuk ujian UN ujian nasional dan sangat bahaya, resikonya kita tidak dapat menjawab soal-soal ujian dan cara pertamalah yang sangat bagus sistem belajarnya agar ujian nasional kita dapat lancar dan nilai tinggi tercapai.

3. Kurangi b
ermain dan santai-santai.
sebagai anak muda dan remaja melihat dari usia kita tentu santai-santai dan bermain adalah kebiasaan kita, kehidupan kita dan menjadi budaya kita. jika sehari tidak santai atau bermain maka tidak asyik rasanya. tapi jika kita tetap bermain-main dan santai-santai ketika ujian UN mulai menghampiri kita mendekati kita hal ini sangat tidak baik. maka berusahalah untuk mengurangi waktu bermain dan santai-santai agar ujian un nantinya dapat diraih dengan kesuksesan dan nilai UN kita tinggi.

4. jaga kesehatan. sebagai siswa yang akan mengikuti UN kita harus senantiasa menjaga kesehatan dan selalu memperhatikannya apalagi kita yang berada dipulau sumatra ini karena beberapa bulan ini daerah kita diselimuti asap dan aktivitas sekolah juga 
 
terganggu karena kabut asap yang sangat tebal. kita harus mampu menjaga kesehatan kita dan semakin belajar supaya UN nantinya dapat kita laksanakan dengan mudah, sangat mudah sekali..

5. Belajar bareng, belajar bareng dengan membuat kelompok belajar
dengan teman-teman adalah pilihan dalam menghadapi ujian nasional ini. ketika kita belajar berkelompok tentunya kita akan dimudahkan, jika kita tidak begitu paham dengan suatu materi mungkin kita bisa bertanya kepada teman yang mengetahui dan pasti ada diantara teman kita yang mengetahui. intinya saling berbagi ilmu dan saling melengkapi dalam rangka menghadapi UN yang selangkah lagi menghampiri kita.

6. Perbanyak informasi dengan mencari diinternet.
Jika anda siswa.. saya salut dengan anda, saya acungkan 2 jempol buat anda sungguh partisipasi anda terhadap UN sangat tinggi, mencari informasi tentang UJIAN NASIONAL seperti yang anda lakukan ini sangat bermanfaat karena kita bisa mengetahui hal baru atau tips tentang UN dan sangat memudahkan kita.

itulah 
artikel kita pada kesempatan kali ini mengenai UJIAN NASIONAL UN akan segera tiba dan akan menghampiri kita. semoga saja kita yang mengikuti UN ujian nasional nantinya dimudahkan, dilancarkan, dan semua dapat kita kerjakan dan semoga apa yang kami berikan bermanfaat untuk anda.. salam pelajar !
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "UN/Ujian nasional sudah dekat apa yang harus kita persiapkan dan lakukan?"