Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber modal dan penggunaan dan perusahaan (badan usaha)

Sumber modal dan penggunaan dan perusahaan (badan usaha)
selamat datang. pada kesempatan ini kita mau bicara modal nih sob. pembahasan kita mengenah sumber modal, macam-macam modal, penggunaan sumber dana, dan aliran dana dalam perusahaan bisa dibilang pembiayaan badan usaha. sebelum melangkah lebih jauh kita kenali dulu pengertian modal. modal adalah seluruh pemodalan yang digunakan orang untuk melaksanakan kegiatan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan secara terus menerus.
selanjutnya macam-macam modal.
ada 2 macam modal diantaranya.
a. modal interen. adalah modal yang diperoleh dari dalam perusahaan seperti tabungan tahun lalu, cadangan modal, investasi termasuk saham.
b. modal eksteren. adalah modal yang didapat diluar perusahaan seperti pinjaman bank, dan modal dari luar lain seperti uang muka dari pembeli.

Jenis-jenis modal badan usaha.
a. modal kerja. adalah apa saja yang dapat d4jadikan modal kerja seperti bangunan, tanah, air, kendaraan dan sebagainya.
b. investasi. adalah pengeluaran untuk pembelian alat produksi baru yang berguna menambah dan mengganti alat yang tua.
macam-macam investasi:
1. new investment atau investasi baru. adalah barang modal berjangka waktu tertentu yang ditamchkan pada persediaan barang modal yang telah ada.

2. her investment atau investasi ulang. adalah nilai dari barang modal yang dipergunakan untuk mengganti barang modal yang sudah tua.
3. induced investment atau investasi tak langsung adalah. investasi secara tidak langsung akibat permintaan yang pertamanya ditujukan pada barang konsumsi.
4. autonomous investment atau investasi bebas. adalah investasi yang tidak tergantung pada besarnya penghasilan.


c. modal kerja aktif dan pasif.
modal usah juga disebut belanja perusahaan artinya semua alat untuk melancarkan usaha.

supaya tepat cara penhunbn modal maka perlu dibedakan antara modal untuk aktifa lancar dan tetap. yang dimaksud modal aktiva lancar adalah yang dibelanjakan untuk jangka pendek, seperti pengadaan bahan baku, membayar gaji, membeli saham. sedangkan

modal aktiva tetap adalah modal yang digunakan untuk membeli alat jangka panjang seperti gedung, mesin, kendaraan dan lainnya.

selanjutnya kita perlu tahu dari mana saja sumber modal perusahaan. sumber modal ini juga terbagi 2:

a. sumber eksteren. yaitu modal yang didapat dari luar perusahaan
1. semua pinjaman dari bank
2. pinjaman dari penjual
3. wesel bayar
4. uang muka dari pembeli.

b. sedangkan sumber modal interen antara lain:
1. pendiri
2. pemegang saham
3. cadangan modal
4. sisa laba tahun lalu.

penggunaan sumber dana dalam perusahaan ada 2 macam yaitunya:
a. pembelanjaan persial. adalah perusahaan melgat setiap aktiva secara individu. artinya setiap aktiva diperlukan dana tersendiri sesuai dengan cara dan lamanya dana berputar.
b. pembelanjaan total. adalah perusahaan melihat dana yang ditanam secara menyeluruh, untuk kebutuhan permanen dipakai modal dari modal sendiri ataupun jangka panjang, untuk kebutuhan yang berubah-ubah diambil dari modal variabel yaitu yang berjangka pendek.
Aliran dana
dalam perusahaan. ini dibagi juga menjadi 2 macam.
a. cash in flow atau dana kas masuk. dana yang bersifat terus menerus berupa hasil penjualan dan penerimaan dari piutang. namun ada pula yang tidak masuk terus menerus seperti dari hasil penjualan saga
m, penerimaan kredit, penjualan harta perusaan.
b. cash out flow atau dana kas keluar. terus menerus seperti pajak, gaji, membeli bahan baku dan sebagainya namun adapula kas keluar yang tidak terus menerus seperti premi asuransi dan membayar bunga bank.

itulah pembahasan kita pada kesempatan kali ini tentang modal perusahaan. semoga memberi manfaat dan menambah wawasan anda.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Sumber modal dan penggunaan dan perusahaan (badan usaha)"