Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Landasan hukum asuransi syariah di indonesia!! ini penjelasannya

Landasan asuransi syariah di indonesia!!

. asuransi syariah, landasan hukum asuransi syariah akan menjadi topik kita dalam artikel ini. indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia. asuransi syariah di indonesi dikembangkan dengan berlandaskan pada aturan. awalnya usaha asuransi syariah diatur oleh fatwa dewan syariah nasional majelis ulama indonesia (DSN-MUI) Nomor 21/DSN-MUI/X/2001 tentang pedoman asuransi umum syariah. 

namun, fatwa DSN-MUI tersebut tidak termasuk sebagai peraturan perundang undangan sehingga tidak memiliki kekuatan hukum. oleh karena itu, perlu disusun suatu peraturan yang termasuk dalam hukum. antara lain keputusan direktorat jendral lembaga keuangan nomor 4.499/LK/2000, keputusan menteri keuangan republik indonesia nomor 424/KMK.06/2003, Dan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 426/KMK.06/2003.

Berkembangnya asuransi syariah di indonesia juga berlandaskan pada tiga surat dalam alquran. dalam surat yusuf 43-49. allah menggambarkan  contoh usaha manusia membentuk sistem proteksi menghadapi kemungkinan yang buruk dimasa depan. berdasarkan surat tersebut kita dianjurkan untuk menjaga kelangsungan hidup dengan memproteksi kemungkinan terjadinya kondisi buruk dan membuat perencanaan untuk masa depan.

 landasan lainnya yang mendukung berkembangnya asuransi syariah, yaitu surat al baqarah 188 yang berbunyi " .... dan janganlah kalian memakan harta diantara kamu sekalian dengan jalan yang batil dan janganlah kalian urus harta itu kepada hakim yang dengan maksud kalian hendak memakan sebagian harta orang lain dengan jalan dosa, padahal kamu tahu " landasan berikutnya yang mendasari perkembangan asuransi syariah , yaitu surat al hasyr 18 yang berbunyi " hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok (akhirat) dan bertaqwalah kamu kepada allah, sungguh allah maha mengetahui pesan kepada kita agar merencanakan segala sesuatu yang akan kita perbuat di masa mendatang.

itulah pembahasan kita mengenai landasan hukum asuransi syariah, landasan asuransi syariah, landasan hukum asuransi syariah di indonesia, dasar hukum asuransi syariah. semoga menambah wawasan kita semua. dan semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk anda.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Landasan hukum asuransi syariah di indonesia!! ini penjelasannya"