Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam asuransi yang ada didunia yang perlu dan penting diketahui!!!

Macam-macam asuransi yang ada didunia yang perlu dan penting diketahui!!!

pada kesempatan ini kita akan membahas macam-macam asuransi, perusahaan asuransi.
setiap orang yang mengikuti program asuransi tentu memiliki alasan yang berlainan. contoh seorang mengikuti asuransi agar kehidupannya terjamin, adapula yang mengikuti asuransi agar harta bendanya terjamin. namun ada pula seseoran tidak mengikuti program asuransi karena menganggap tidak perlu. oleh karena berbagai kepentingan yang berlainan setiap orang, asuransi perlu dipahami tentang apa jenis yang kita butuhkan.

 ASURANSI BERDASARKAN JENIS OBJEKNYA.

objek asuransi terdiri atas orang/harta. benda/jasa. jiwa dan raga. kesehatan manusia, tanggung jawab hukum, serta semua kepentingan yang dapat hilang, rusak, rugi dan berkurang nilainya. dengan demikian asuransi dikelompokkan menurut objeknya yaitu asuransi orang dan harta.
1. asuransi orang: setiap manusia memiliki dua unsur utama yaitu jiwa dan raga, kedua unsur  tersebut saling mendukung sehingga tercipta manusi yang utuh dan sempurna. seseorang memerlukan perlindungan terhadap dirinya, ada berbagai macam asuransi yang memberikan perlindungan kepada orang.

a. asuransi jiwa
seseorang pasti dihadapkan dengan kematian. meskipun kematian merupakan suatu peristiwa yang terjadi. tetapi kematian dapat diasuransikan. mengapa kematian dapat diasuransikan? padahal salah satu resiko yang dapat diasuransikan adalah bersifat tidak terduga. kematian dapat terjadi kapan saja dan tidak dapat ditunda walaupun satu detik. oleh karena itu kematian yang bersifat tidak terduga inilah yang diasuransikan.
Sedia payung sebelum hujan, sedia asuransi sebelum resiko
asuransi jiwa terdiri dari 2 unsur yaitu tabungan dan perlindungan.

berikut beberapa produk dari asuransi jiwa.
~ asuransi jiwa berjangka: merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan terhadap pihak tertanggung selama masa pertanggungan dengan membayar sejumlah premi asuransi. asuransi jiwa berjangka memiliki karakteristik antara lain, pertanggungan diberikan selama  jangka waktu tertentu. perlundungan asuransi dinyatakan dalam bentuk polis asuransi.

~ asuransi jiwa seumur hidup.
asuransi jiwa seumur hidup merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan seumur hidup bagi pihak tertanggung. pada umumnya asuransi jenis ini mengandung unsus tabungan. karakteristiknya, seperti memberikan perlindungan seumur hidup terhadap pihak tertanggung dengan premi asuransi yang besarnya tetap.

~ asuransi jiwa dwiguna
merupakan produk asuransi yang memberikan pertanggungan kepada pihak tertanggung jika ia meninggal atau masih hidup pada tanggal yang ditentukan dalam polis asuransi.

~ asuransi unit link. sebenarnya memberikan manfaat yang sama seperti asuransi jiwa lainnya. asuransi unit link merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat ganda berupa santunan asuransi jiwa dan investasi uang tunai.

b. Asuransi dana pensiun.
merupakan program asuransi yang memberikan jaminan kesejahteraan dihari tua atau memberikan manfaat pensiun. manfaat pensiun yang diberikan berupa manfaat pensiun normal, manfaat pensiun dipecat, manfaat pensiun ditunda, manfaat pensiun cacat dan meninggal.

c. Asuransi pendidikan.
biaya pendidikan kini dirasakan semakin mahal, oleh karena itu khta perlu mempersiapkan dana pendidikan agar dapat memberikan pendidikan terbaik kepada anak. asuransi pendidikan merupakan program asuransi yang memberikan dua fungsi sekaligus yaitu perlindungan dan investasi.

d. Asuransi kesehatan. merupakan program asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan terhadap pihak tertanggung. asuransi kesehatan mengurangi beban masyarakat teriadap semakin mahalnya biaya kesehatan darh tahun ketahun.

e. Asuransi kecelakaan diri.
merupakan program asuransi yang memberikan jaminan terhadap pihak tertanggung akibat kecelakaan diri.

2. ASURANSI HARTA BENDA

harta benda merupakan kekayaan yang dimiliki seseorang. seseorang tentu berjuang dengan sekuat tenaga. asuransi kerugian merupakan program asuransi yang diselenggarakan untung menanggulangi resiko kerugian a. Asuransi kebakaran. merupakan program asuransi yang memberikan jaminan kepada objek asuransi yang terbakar. kebakaran yang dimaksud dalam hal ini adalah kebakaran biasa dan kebakaran yang cakupannya luas, kebakar disebabkan beberapa hal, api, petir, diri sendiri, dan orang lain.

b. Asuransi pengangkutan. merupakan program asuransi yang memberikan perlindungan terhadap barang yang diangkut dengan menggunakan alat transportasi darat, udara, laut.

c. Asuransi kendaraan bermotor
merupakan program asuransi yang memberikan perlindunan terhadap kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor.

d. Asuransi kapal laut
merupakan program asuransi yang memberikan perlindungan kerugian terhadap kapal laut. ini sangat penting mengingat bahaya laut.

e. Asuransi pesawat terbang.
merupakan asuransi yang diberikan kepada perlindungan pesawat terbang.

f. Asuransi minyak dan gas bumi
merupakan program asuransi yang memberikan perlindungan terhadap peralatan eksplorasi minyak dan peralatan produksh minyak.  g. Asuransi tanggung gugat.
merupakan program asuransi yang memberikan perlindungan berupa tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, yang terjadi ketaki adanya cedera atau kerusakan harta benda yang berkaitan dengan pihak tertanggung.
BACA JUGA:  Proses pengajuan klaim asuransi agar cepat dan mudah baca ini !!!

ASURANSI BERDASARKAN SIFATNYA.

1. Asuransi sosial.
merupakan program asuransi yang diselenggarakan oleh badan usaha milik negara. secara wajib menurut undang-undang. tujuan diselenggarakan asuransi sosial adalah untuk memberikan perlindungan mendasar terhadap kesejahteraan masyarakat.

2. Asuransi sukarela. merupakan program asuransi yang bersifat bebas atau tidak memaksa. artinya setiap orang berhak untuk memilih menjadi pihak tertanggung dari suatu program asuransi atau sama sekali thdak menjadi pihak tertanggung.

itulah macam asuransi yang perlu kamu ketahui  semoga bermanfaat yah....
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Macam-macam asuransi yang ada didunia yang perlu dan penting diketahui!!!"