Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip dasar asuransi | Dasar asuransi penting untuk dibaca!!!

Prinsip dasar asuransi | Dasar asuransi penting untuk dibaca!!!

Selamat datang pada kesempatan ini topik kita adalah

Prinsip-prinsip asuransi, Prinsip Dasar Asuransi - Asuransi Pan Pacific Insurance,

TUGAS BEBERAPA PRINSIP DASAR DALAM ASURANSI, 

, prinsip asuransi akan menjadi topik kali ini.

prinsip asuransi ada 6 buah. agar kita memperoleh manfaat asuransi secara maksimal kita perlu memahami prinsip dasar asuransi. yaitu terdiri dari 6 bagian:
1. kepentingan yang dapat di asuransikan, yaitu pihak tertanggung memiliki kepentingan atas objek asuransi jika dia benar-benar menderita kerugian keuangan atas musibah terhadap objek yang diasuransikan. dengan demikian, pihak tertanggung berhak mengajukan klaim asuransi.
2. itikad baik, utmost good faith yaitu calon pihak tertanggung harus memberikan penjelasan secara mendetail mengenai objek asuransi yang terancam resiko. di lain pihak, perusahaan asuransi memberikan penjelasan mengenai resiko yang dapat diasuransikan dan resiko yang tidak dapat diasuransikan, semua persyaratan yang harus dilengkapi dalam mengikuti program asuransi, serta kewajiban yang harus dilakukan oleh pihak tertanggung.
3. penyebab yang dominan, yaitu penyebab dominan yang mengakibatkan peristiwa merugiakan dicari atau ditelusuri, karena mungkin saja suatu peristiwa yang terjadi dalam peristiwa yang berkaitan.

4. kompensasi kerugian, yaitu kompensasi kerugian yang pasti cukup untuk mengembalikan posisi keuangan pihak tertanggung sama seperti posisi keuangan sebelum resiko yang merugikan terjadi. contoh ganti rugi dalam asuransi.

" imuel mengansuransikan mobilnya senilai $75.000 dolar pada suatu ketika mobil imuel hilang karena dicuri urang, berapa besarnya klaim ganti rugi yang diterima imuel jika terdapat tiga kondisi berikut.
~ harga pasar mobil saat itu sebesar $75.000
~ harga pasar mobil saat itu sebesar $60.000
~ harga pasar mobil saat itu sebesar $80.000.
~ apabila harga pasar sama dengan nilai asuransi, klaim ganti rugi diterima sebesar

jawab:
besarnya klaim ganti rugi yang diterima oleh imuel setiap kondisi antara lain:
~ apabila harga pasar mobil lebih kecil dari nilai asuransi, klaim ganti rugi yang diterima sebesar harga pasar yaitu $60.000 ~ apabila harga pasar mobil sama dengan nilai yang di asuransikan , klaim ganti rugi yang diterima sebesar harga pasar atau nilai asuransi yaitu $75.000
~ apabila harga pasar mobil lebih besar dari nilai asuransi, klaim ganti rugi yang diterima sebesar, $75.000

itulah contoh asuransi mobil, asuransi mobil dalam tiga contoh.

5. subrogasi, yaitu pengalihan hak tuntut kepada pihak penanggung oleh pihak tertanggung atas terjadinya kesalahan yang dilakukan pihak ketiga.

6. kontribusi, yaitu pertanggungan bersama oleh beberapa perusahaan asuransi terhadap harta benda sejenis yang dimiliki pihak tertanggung. berikut ini contoh penerapan prinsip kontribusi dalam asuransi.

contoh:
perusahaan imuelputera mengasuransikan bangunan pabriknya senilai $500.000 kepada dua perusahaan asuransi yaitu perusahaan asuransi USAINS sebesar $300.000 dan perusahaan Uinsured sebesar $300.000, pada suatu ketika perusahaan imuelputera mengalami musibah, pabriknya terbakar habis sehingga perusahaan berhak melakukan klaim ganti rugi  kepada kedua perusahaan asuransi tersebut. berapa besar klaim ganti rugi yang diterima perusahaan imuelputera?

jawab:
perusahaan usains $300.000, perusahaan uinsured $300.000, jumlah $600.000

jumlah maksimum klaim ganti rugi yang diterima dari kedua perusahaan asuransi sebagai berikut.

perusahaan usains $300.000$ : 600.000 x $500.000. sama dengan $250.000.

perusahaan uinsured $300.000 : $600.000 x $500.000. sama dengan $250.000.

jadi, jumlah klaim ganti rugi yang diterima perusahaan imuelputera bukan sebesar $600.000 melainkan sebesar $500.000 sesuai dengan nilai bangunan pabrik yang sebenarnya.
itulah prinsip dasar dalam asuransi yang diuraikan dengan contoh, contoh asuransi, contoh asuransi mobil, contoh prinsip asuransi semoga menambah wawasan anda semakin tinggi. semoga bermanfaat. selamat datang kembali ke imuel's blog.

tags: 

prinsip dasar asuransi
prinsip asuransi kerugian
prinsip asuransi syariah
prinsip asuransi jiwa
prinsip asuransi konvensional
prinsip asuransi dalam islam
prinsip asuransi kesehatan
prinsip asuransi sosial

Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Prinsip dasar asuransi | Dasar asuransi penting untuk dibaca!!!"