Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah asuransi syariah di indonesia!!!

Sejarah asuransi syariah di indonesia!!!

asuransi syariah sudah lama dikenal dunia, pada kesempatan ini penulis akan menjelaskan sejarah asuransi syariah di indonesia. asuransi berkembang pesat di indonesia yang mayoritas penduduknya agama islam. ada beberapa pihak tidak mengikuti program asuransi konvensional karna tidak islami. asuransi sebagai bentuk perlindungan dibenarkan jika memenuhi syarat keislaman. oleh karena itu, muncul asuransi syariah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada asuransi konvensional.
SEJARAH ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA.
konsep asuransi syariah sebenarnya telah ada sejak zaman nabi muhammad saw. dengan sebutan aqilah. kata apilah berarti asabah yang menunjukan hubungan ayah dengan pembunuh. berdasarkan konsep tersebut, suku arab pada zaman dahulu harus menyiapkan kontribusi keuangan atas nama pembunuh terhadap ahli waris korban. kontribusi tersebut dapat disamakan dengan premi asuransi dalam praktik asuransi saat ini, karena merupakan bentuk perlindungan keuangan terhadap ahli waris atas kematian yang tidak diharapkan. baca juga: 

PERUSAHAAN ASURANSI SOSIAL PT. TASPEN INDONESIA


asuransi syariah tumbuh di indonesia sekitar tahun 1994 artinya tiga tahun sebelum saya lahir, karena saya lahir pada tahun 1997 hehe. tumbuhnya asuransi syariah di indonesia tidak terlepas dari asuransi takaful yang dibentuk oleh PT. syarikat takaful indonesia. dengan terbentuknya asuransi takaful, keberadaan bank muamalat sebagai pelopor lembaga perbankan syariah semakin kuat. pada mulanya bank muamalat indonesi bersama dengan yayasan abdi bangsa dan asuransi jiwa tugu mandiri mensponsori pembentukan takaful. setiap lembaga mengirimkan wakilnya untuk membentuk tim pembentukan asuransi takaful indonesia. dipimpin oleh direktur utamanya yaitu, rahmat saleh, kemudian mereka melakukan kunjungan studi banding ke malaysia pada bulan september 1993. dalam kunjungan tersebut, diketahui bahwa malaysia merupakan negara ASEAN pertama yang menerapkan prinsip syariah.
berbekal ilmu yang diperoleh dari studi banding itu mereka menyelenggarakan seminar nasional di jakarta yang membahas tentang asuransi syariah. setelah melalui proses dan saling menguatkan pada akhirnya tanggal 25 agustus 1994 PT. STI mendirikan PT. asuransi takaful keluarga. kemudian di ikuti dengan didirikan PT. asuransi takaful umum pada tanggal 2 juni 1995. sejak didirikan PT. asuransi takaful umum banyak bermunculan lembaga yang bergerak dibidang syariah. dan sekarang asuransi syariah, bank syariah, dan semua lembaga syariah, di indonesia sudah sangat maju.

itulah cerita pendek tentang sejarah asuransi syariah di indonesia yang berawal dari study banding ke malaysia, kemudian menciptakan lembaga asuransi syariah sampai maju seperti sekarang.
semoga artikel pendek yang saya tulis ini menambah wawasan anda dan mudah dimengerti. semoga bermanfaat untuk anda untuk lebih tahu tentang indonesia bumi hijau indah ini.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

1 komentar untuk "Sejarah asuransi syariah di indonesia!!!"

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam