Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tajuk opini, wacana, teks editorial secara logika dalam pelajaran bahasa indonesia.

Tajuk opini, wacana, teks editorial secara logika dalam pelajaran bahasa indonesia.

selamat datang sob. mumpung kemaren saya belajar teks editorial maka saya sedikit mengingat tentang teks editorial, tajuk opini dan wacana.
pengertian dari teks editorial secara logika saja: berarti teks yang membicarakan berita atau isu yang sedang hot atau trending topik pada saat itu ditulis dengan gaya jurnalistik. oleh karena itulah kita sering melihat di surat kabar seperti "EDITORIAL KHUSUS" "EDITORIAL" "EDITORIAL MINGGU INI" dan sebagainya, kita sering menemukan teks editorial atau tajuk rencana, takuk opini dan wacana ini dikoran nasional atau surat kabar nasional seperti MI media indonesi dan SINDO. disamping itu juga ada beberapa disurat kabar daerah. teks editorial ini sudah sangat jelas menerangkan informasi tentang berita saat ini, isu saat ini, berita yang berlangsung saat ini, pergolakan saat ini dan trending topik saat ini artinya sedang ramai diperbicarakan seluruh kalangan dan masyarakat kita indonesia. sekarang kita bahas lebih lanjut apa teks editorial ini. teks editoriak tentu juga mempunyai ciri ciri, seperti ciri kebahasaan atau ciri umum. baca juga:

BIDANG USAHA ASURANSI PERLU ANDA KETAHUI!!!



ciri ciri teks editorial umum:
~ ditulis dengan gaya jurnalistik seperti surat kabar.
~ ditulis dengan bentuk cerita, pernyataan dan pendapat
~ membicarakan hal yang sedang ramai dibicarakan, hot isu, trending topik.
~ ditulis oleh orang berpengalaman dijurnalistik untuk publik
~ menggunakan kaidah kebahasaan seperti adverbia dan konjungsi.

itulah ciri ciri umum dari teks editorial, jadi yang menjadi inti dari teks editorial ini ada dua. pertama bergaya jurnalistik dan kedua membicarakan yang sedang ramai dibicarakan itulah kunci dasar atau inti atau benang merah teks editorial. jadi jika kita menemukan sebuah teks dimedia apapun bergaya jurnalistik dan membicarakan yang sedang ramai dibicarakan maka itu adalah jenis teks editorial. jadi secara singkat saja saya nanya. sekarang anda paham kan? .. paham saja yah hehe capek nulis nih. semoga bermanfaat yah buat anda. kalau masih kurang ngerti atau kurang paham tanya aja dikomentar . dengan senang hati kami akan menjawabnya.

Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Tajuk opini, wacana, teks editorial secara logika dalam pelajaran bahasa indonesia."