Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran indonesia dalam hubungan internasional | Pendidikan kewarganegaraan

Peran indonesia dalam hubungan internasional | Pendidikan kewarganegaraan
selamat datang sobat pcw. pada kesempatan ini kita akan membahas "hubungan internasional" .. makna hubungan internasional, secara umum hubungan internasional diartikan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas batas ketatanegaraan. konsepsi hubungan internasimal politik luar negeri, hubungan luar negeri dan politik internasional.
maknanya:
~ politik luar negri adalah seperangkat cara yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain tujuan tercapainya tujuan negera yang bersangkutan.
~ hubungan luar negeri adalah keseluruhan hubungan yang dijalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.
~ politik internasional adalah politik antarnegara yang mencakup kepentingan dan tindakan beberapa atau semua negara.
Pentingnya hubungan internasional bagi indonesia. suatu bangsa yang merdeka tidak dapat hidup sendiri tanpa bantun dari negara lain, untuk mempertahankan kemerdekaannya negara perlu kerja sama hubungan internasional, baca juga: Hak dan kewajiban warga negara | Hak asasi dan hak warganegara


Politik luar negeri indonesia dalam menjalin hubungan internasional:
terdapat dalam pembukaan UUD1945 alinea jeempat, tentang tujuan negara: "ikut serta dalam perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial" pada awal pendirian RI, kita dihadapkan pada situasi dunia yang dikuasai oleh 2 kekuatan adidaya akibat perang dunia 2. kekuatan tersebut adalah blok barat kendali amerika serikat, blok timur uni soviet. pemerintah indonesia yang waktu itu dipimpin soekarno mengumumkan "..tetapi mestikah kita, bangsa indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara kita hanya harus memilih antara pro rusia atau pro amerika? apakah tak ada pendirian lain yang harus kita ambil dalam mengejar cita cita kita?"

Perjanjian internasional:
makna perjanjian internasional, kedudukan perjanjian internasional dianhap sangat penting karena:
~ perjanjian internasional lebih menjamin kepastian hukum sebab dilakukan secara tertulis.
~ perjanjian internasimal mengatur masalah kepentingan bersama. istilah lain perjanjian internasional, traktat, persetujuan, konvensi, protokol, charter, deklarasi, modus vivendi, convenant, ketentuan penutup, ketentuan umum, pakta dan pertukaran nota.

Kedudukan perwakilan diplomatik indonesia, pengertian perwakilan diplomatik adalah perwakilan yang kegiatannya mewakili negaranya dalam melaksanakan hubungan diplomatik dengan negara penerima atau suatu organisasi internasional.

sekian pembahasan kita mengenai hubungan internasional.
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Peran indonesia dalam hubungan internasional | Pendidikan kewarganegaraan"