Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LAPORAN TATA BUSANA (MENJAHIT) UNTUK SMP SLB

Berikut ini adalah contoh laporan TATABUSANA / MENJAHIT UNTUK SMP SLB, sudah dirangkung dengan informasi yang jelas dan rinci, semoga anda yang juga mencari ini dapat bermanfaat.

LAPORAN TATA BUSANA (MENJAHIT)
UNTUK SMP LB
DISUSUN

O
L
E
H

NAMA : MET YESTI
SLB TUNAS MULIA SIJUNJUNG

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah        ynag maha kuasa atas segala rahmat dan hidayahNYA, sehingga penulis dapat menyusun laporan tata busana ( menjahit )
Kami merasa bahagia dengan tersusunnya laporan keterampilan tata busana ( menjahit ) membuat cilemek dengan teknik menjahit.
Mengingat segala keterbatasan yang di hadapi, penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis berharap kritik yang membangun dari semua pihak.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.


Penulis


MET YESTI





DAFTAR ISI

Halaman Judul ...........................................................................
Kata pengantar ..........................................................................
Daftar isi .....................................................................................
BAB I .........................................................................................
Pendahuluan ...............................................................................
A.   Tujuan ...............................................................................
B.    Hasil kegiatan .....................................................................

BAB II Pelaksanaan Program ......................................................
A.   Tempat dan waktu pelaksanaan .........................................
B.    Materi pelajaran / kegiatan .................................................
C.   Strategi dan Deskripsi jalannya kegiatan ...........................

BAB III Kesimpulan saran dan tindak lanjut ...............................
A.   Kesimpulan ........................................................................
B.    Saran ..................................................................................
C.   Tindak lanjut ......................................................................



BAB I
PENDAHULUAN

A Tujuan pembelajaran tata busana ( menjahit )

Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat melatih kemandirian dan kreatifitas anak didik dan melatih kemandirian dan meningkatkan kreatifitas maka di adakan pembelajaran membuat CELEMEK agar bermanfaat bagi mereka sebagai bekal dimasa yang akan datang.

B. Hasil Pembelajaran secara umum
Setelah dilatih sudah sesuai dengan apa yang diharapkan dan hasilnya cukup memuaskan. Mereka benar-benar berusaha untuk dapat menguasai keterampilan




BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM

A. Tempat dan waktu pelaksanaan
1. Tempat pelaksanaan
pembelajaran membuat celemek dengan teknik menjahit diadakan disekolah.
2. Waktu pelaksanaan
Kegiatan keterampilan membuat dompet dilaksanakan setiap hari sekolah

B. Materi pembelajaran / kegiatan
Program pembelajaran ini terdiri dari 5 hal pokok kegiatan keterampilan membuat celemek yang meliputi.
1. Pemberian teori.
Waktu                   : 60 Menit
Materi                   : Cara membuat celemek
Tujuan khusus       : Siswa dapat memahami serta membuat celemek serta mengetahui bahan dan alat yang digunakan untuk membuat celemek.
Bahan dan Media   : Contoh celemek yang telah jadi serta beberapa peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat celemek.
Seperti proses kegiatan keterampilan pada umunya, sebelum praktek membuat celemek maka kita berikan dahulu materi / teori membuat celemek. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat memahami cara membuat celemek dan mengenal macam-macam celemek serta mengetahui bahan dan alat yang digunakan untuk membuat celemek.


Adapun bahan dan alat yang digunakan utnuk membuat celemek adalah :
1. kain khusus untuk membuat celemek
2. kain saten
3. kertas tebal / kertas karton
4. benang
5. gunting
6. penggaris
7. pensil
8. mesin jahit
9. mesin obras

2. Pembuatan pola
Waktu                   : 60 menit
Materi                   : Cara membuat pola sekaligus langsung mempraktekkannya
Tujuan khusus       : Siswa dapat membuat pola sendiri
Bahan dan media   : Kain, pensil, penghapus, karet, karton, kain khusus untuk celemek, mesin obras
Langkah pertama yang harus kita lakukan  adalah pembuatan pola, dalam pembuatan pola semua alat dan bahan harus kita siapkan. pertama kain khusus untuk membuat celemek kita ukur panjang dan lebarnya sesuai dengan model celemek yang kita inginkan. kain khusus untuk membuat celemek ini. Setelah kita ukur panjang dan lebarnya kemudian kita potong sesuai pola. Setelah itu kain batik juga diukur dan dipotong ukurannya sesuai dengan ukuran kain untuk membuat celemek. Kain batik ini untuk kombinasi membuat celemek. Tahap selanjutnya adalah kita potong kain untuk membuat tali, pita, dan kantong celemek.



3. Menjahit Celemek
Waktu                             : 6 jam ( 3x pertemuan )
Materi                             : Cara menjahit celemek
Tujuan khusus                 : Siswa dapat menjahit celemek dengan teknik yang   benar
Bahan dan media             : Kain utnuk celemek, mesin jahit, jarum dan benang.
Setelah semua bahan dan media disiapkan kegiatan menjahit dimulai, pada tahap ini harus hati-hati tekun dan teliti supaya hasil jahitannya bagus.
Adapun cara membuat yaitu :
- Siapkan mesin jahit dan benang
- siapkan kain yang telah dipotong sesuai pola
- langkah selanjutnya kita jahit kain yang telah dipotong sesuai pola. kita jahit kantong untuk celemek, kemudian kita jahit tali dan pita celemek
- pada tahap terakhir kita pasangkan aksesori untuk celemek.

4. Pemajangan
Waktu                             : 1 jam
Materi                             : Memamerkan hasil karya
Tujuan khusus                 : Siswa dapat memahami cara memamerkan hasil karya
Tahap yang terakhir adalah pemajangan.
Maksud dari pemajangan adalah untuk memamerkan hasil pembuatan celemek kepada orang lain.


C. STRATEGI dan DESKRIPSI jalannya kegiatan
Dalam keterampilan pembuatan celemek siswa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, mereka selalu memperhatikan sehingga hasilnya cukup memuaskan, tapi pada dasarnya siswa tersebut berusaha untuk dapat membuat keterampilan ini :
Penilaian hasil kegiatan keterampilan membuat celemek.
No
Kegiatan membuat celemek
Hasil kegiatan
Ket
A
B
C
D

1
Pemberian Teori
ü  
-          
-
-

2
Pembuatan Pola
-
ü  
-
-

3
Menggunting
ü  
-
-
-

4
Menjahit Celemek
-
-
ü  
-

5
Pemajangan
ü  
-
-
-









Keterangan :
A : Baik sekali
B : Baik
C : Cukup
D : Kurang








BAB III
TEMUAN DAN HASIL

A. Temuan / Hasil Eveluasi Proses
Format tentang kehadiran.
Dari semua siswa yang melakukan kegiatan keterampilan semuanya hadir.

B. Temuan / Hasil Evaluasi Proses Produk
No mama Aspek yang dinilai Ket.
Kerapian variasi kreasi hasil akhir.
Keterangan :                    Skor :
A. Baik sekali                  90-100
B. Baik                           80
C. Cukup                        70
D. Kurang                       60
Sangat rapi 90-100
Kurang rapi 70
Sangat variasi 90-100
Sedikit variasi 80
Kurang variasi 70

Produk yang dihasilkan dari kegiatan keterampilan membuat celemek, cukup memuaskan. Pada dasarnya para siswa sangat berminat pada keterampilan ini. Maka dalam kegiatan keterampilan membuat celemek ini

C. Pembahasan
Dari keempat siswa sehari-hari aktif datang dan cukup merespon kegiatan. Dan dari kegiatan tersebut keempat siswa aktif dalam mengikuti kegiatan.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan keterampilan membuat celemek dengan teknik menjahit dapat disimpulkan bahwa siswa dalam kegiatan keterampilan membuat celemek dapat memahami dan melaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari produk yang dihasilkan.
Dengan kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan yang dimilikinya serta dapat melatih kemandirian.
Tingkat kesadaran yang tinggi serta antusias siswa dalam belajar dan minat warga dalam belajar sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan produk yang cukup memuaskan. Ini semua juga karena kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak.

B. Saran
1. hendaknya lebih ditingkatkan lagi pemanfaatan kegiatan keterampilan ini
2. ilmu yang telah didapat dari hasil kegiatan ini dapat di tumbuh kembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi
3. keharmonisan hubungan antar siswa hendaknya dijadikan sebagai modal dasar bagi kemajuan dan peningkatan perekonomian masyarakat

C. Tindak lanjut
Setelah kegitan ini selesai diharapkan pemerintah bisa memfasilitasi kegiatan tersebut agar kegiatan tersebut terus berjalan.



Identifikasi kebutuhan kegiatan keterampilan tata busana

No
Nama
siswa
Identitas
Minat kegiatan keterampilan
Cita-cita
L/P
Usia
KLS




































Mengetahui
Kepala Sekolah                                                      Guru Pengajar


ELIJASWITA                                                     MET YESTI
NIP.                                                                      NIP.


Ini merupakan dokument yg tersimpan diwarnet kami, kami berhak mempublikasikan telah izin penggunanya.

1 komentar untuk "LAPORAN TATA BUSANA (MENJAHIT) UNTUK SMP SLB"

AYO BERI KOMENTAR

Jangan lupa beri komentarnya tentang artikel diatas yah, karena komentar kamu membantu blog ini berkembang dan penulis lebih semangat lagi untuk membagikan artikel lainnya.

Terimakasih

Note: Komentar di moderasi demi menghindari spam