Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah asuransi | Topik mengenal asuransi didunia!!!

Sejarah asuransi | Topik mengenal asuransi didunia!!!

Selamat datang di blog Putera chaniago web, pada kesempatan artikel ini yang akan menjadi topik lengkap padat kita adalah tentang asuransi, yah asuransi memang sangat dibutuhkan, tapi masih ada saja banyak kita masih ragu dan belum jelas, untuk itu simak artikel kami:

kita sebenarnya menemui berbagai kejadian dalam perjalanan hidup, baik kejadian yang sudah dapat diduga maupun kejadian tidak diduga sebelumnya. untuk kejadian yang sudah dapat diduga kita tentu sudah dapat mempersiapkan segala sesuatunya dari kesiapan jasmani hingga rohani. kejadian tidak terduga bagaimana?.. apalagi yang mendatangkan kerugian besar bagi diri kita. kita dapat mengantisipasi dan memindahkan resiko itu dengan mengikuti program asuransi.
SEJARAH ASURANSI.
Konsep asuransi sudah berkembang sejak tahun 2000 sebelum masehi. pada saat itu para saudagar di italia membentuk sebuah perkumpulan yang bernama collegia tennirium, yaitu sebagai lembaga asuransi yang membantu para janda dan anak yatim dari anggota keluarga yang meninggal, selain itu perkumpulan tersebut berdiri pula perkumpulan bernama collegia nitium yang beranggotakan budak yang diperbantukan pada kerajaan romawi. para budak yang menjadi anggota perkumpulan tersebut ditarik iuran untuk membiayai anggota yang malang. inilah yang merupakan konsep asuransi. yaitu orang yang beruntung membantu orang yang tidak beruntung.

seiring berjalannya waktu asuransi berkembang keseluruh dunia mulai dari italia, USA, canada,inggris, jepang, australia, indonesia dan sebagainya.

Sejarah asuransi di indonesia. asuransi di indonesia berkembang melalui 2 periode yaitu periode penjajahan belanda yang berakhir tahun 1942 dan periode kemerdekaan yang dimulai tahun 1945. perkembangan asuransi di indonesia saat penjajahan jepang sempat terhenti.

1. Periode penjajahan belanda.
masuknya asuransi di indonesia terjadi pada abad ke-16. belanda secara perlahan menguasai wilayah di indonesia. penduduk dipaksa menamam tanaman perkebunan yang di ekspor kenegri belanda seperti kopi, tebu dan teh. hasil perkebunan tersebut kemudian diekspor

kemancanegara sehingga membawa untung besar kebelanda.
usaha yang membawa untung besar itu tidak dibiarkan begitu saja. belanda melindungi resiko dengan menyelenggarakan program asuransi. asuransi pada penjajahan belanda terus berkembang ke indonesia. banyak perusahaan asuransi yang didirhkan selama periode penjajahan belanda, antara lain:

a. bataviasche zee en brand assurantie maatschappij didiran pada tahun 1843. perusahaan itu merupakan perusaan asuransi kerugian yang pertama kali beroperasi di indonesia.

b. NV. assurantie mij nederlansche lloyd didirikan tahun 1853 kemudian diikuti dengan didirikannya assurantie mij lengeveld schroeder dan assurantie mij blom van der Aa.

c. nederlansche indische levensverzekering en lijfrente maatschappij didirikan dibatavia pada tanggal 31 Desember 1859. perusahaan tersebut sekarang dikenal sebagai asuransi jiwa.

d. persatuan guru hindia belanda atau onderlinge levensverzekerings maatschappij didirikan dimagelang pada tanggal 12 februari 1912. perusahaan tersebut

kemudian diubah namanya menjadi O.L mij boemi poetra yang sekarang dikenal sebagai asuransi jiwa bersama boemiputera.

e. NV. Indonesia
f. De bataviasche onderlinge levensverzekerings maatschappij
g. De onderlinge levenszekerings maatschappij djawa.

2. Periode kemerdekaan.
pada awal kemerdekaan indonesia banyak perusahaan milik belanda dan inggris yang beroperari kembali diindonesia. hal ini ditunjukan dengan didirikannya bataviasche verzekerings/BVU unie pada tahun 1946. BVU melakukan usaha asuransi secara kolektif, tetapi tenaga kerja yang dimiliki masih sedikit, meskipun begitu, usaha asuransi semakin berkembang hingga tahun 1950 didirikan sebuah perusahaan asuransi kerugian yang petama bernama NV. Maskapai asuransi indonesia. dengan didirikan perusahaan ini dan adanya dukungan pemerintah, baru banyak muncul perusahaan asuransi. pada tahun 1954 didirikan sebuah perusahaan asurnsi profesional bernama. PT reasuransi umum indonesia. dengan melihat perkembangan usaha perasuransian yang semakin banyak maka.

pemerintah indonesia mengeluarkan undang-undang nomor 2 tahun 1992 yang mengatur tentang perasuransian.

baca juga: macam macam asuransi
Itulah sejarah asuransi didunia dan sejarah asuransi di indonesia semoga menambah wawasan anda dan semakin pintar, semoga pembahasan ini bermanfaat dalam hidupmu
Imuel Official
Imuel Official Hai, saya Imuel saya berasal dari SUMBAR dan saat ini saya bekerja sebagai penulis Blog dan web. Saya senang menulis dan berbagi ilmu, Blogging adalah hobi saya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikomentar.

Posting Komentar untuk "Sejarah asuransi | Topik mengenal asuransi didunia!!!"